Rabu, 02 Juli 2008

BENIH-BENIH MATERIALISME





Dari Ubadah bin As-Somit ra katanya: Rasulullah saw telah bersabda, “Barangsiapa yang bersaksi bahwa tiada Ilah yang haqiqi kecuali Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan utusan Allah dan bersaksi bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah, anak hambanya dan kalimah Allah, yaitu Nabi Isa as dijadikan oleh Allah tidak berbapa hanya dengan kalimah KUN yang berarti jadilah engkau maka jadilah dia, yang disampaikan kepada Maryam dan juga tiupan roh daripada-Nya, serta bersaksi bahawa balasan Syurga adalah pasti begitu juga balasan Neraka adalah pasti di mana Allah akan memasukkan mereka yang dikehendaki ke dalam Syurga melalui salah satu dari delapan pintu Syurga sebagaimana yang dikehendakinya. [HR. Bukhori, Muslim, Ahmad bin Hanbal]
Pada saat ini banyak orang-orang yang telah terjangkit penyakit materialisme. Yaitu suatu paham yang meyakini bahwa dunia materi ini adalah alam nyata. Padahal dunia materi hanyalah alam fana, alam khayalan, alam maya, alam yang tidak real.
Coba kita ingat-ingat perkataan kita di masa lalu! Mungkin ada di antara kita yang berkata, “Kita tahu bahwa kita akan menuju kampung akhirat, tapi realistis dong, kita juga ‘kan butuh makan!” Dalam kata-kata seperti ini mengandung makna tersembunyi kira-kira seperti ini: “Kita tahu bahwa para ulama itu berkata bahwa kita akan menuju kampung akhirat. Tapi kampung akhirat itu ‘kan nggak real. Jadi yang real aja deh! Kita hidup di dunia materi dan butuh makan.” Makna tersembunyi ini memang sangat tersembunyi hingga kita sendiri tidak menyadarinya. Kata-kata seperti ini disebarkan oleh para materialist yang kemudian beo-beo dari kalangan muslim ikut mengucapkannya tanpa menyadari makna tersembunyi dalam kata-kata berbahaya ini.
Maka dari itu ketahuilah oleh kalian wahai saudaraku, bahwa alam akhirat itu lebih realistis dibandingkan alam dunia. Jika kalian begitu semangatnya dalam hal duniawi, maka sudah semestinya kalian lebih semangat lagi dalam hal-hal ukhrowi.
Kita harus giat dalam mencari kehidupan akhirat. Walau pun demikian kita tidak boleh melupakan kehidupan di dunia. Tetapi ingat, kehidupan akhirat harus didahulukan, adapun kehidupan dunia kita cari dalam aturan yang sudah ditentukan oleh Allah. Jangan sampai gara-gara dunia, kita mengorbankan aqidah kita atau pun mengorbankan saudara kita sesama muslim.
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni`matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. [QS. Al-Qashash (28): 77]
Ayat di atas adalah bagi orang-orang yang telah begitu semangat untuk mencari kehidupan akhirat hingga mereka hampir-hampir melupakan kehidupan dunia. Kalau pun mereka mencari harta, mereka mencarinya bukan untuk bermegah-megah. Akan tetapi untuk mendukung da’wah Muhammad Rasulullah saaw. Lihatlah Abu Bakar ra yang telah memberikan seluruh hartanya guna mendukung da’wah Rasul saaw. Lihatlah bagaimana Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf dan para shahabat lainnya yang mereka mencari harta guna mendukung da’wah Rasul.
Bukan seperti kita yang begitu semangat untuk mencari kehidupan dunia hingga hampir-hampir melupakan kehidupan akhirat. Kita mencari harta untuk bermegah-megah tanpa mau peduli dengan da’wah Rasulullah saaw. Kehidupan akhirat hanya kita cari dengan shalat lima waktu, puasa Ramadhan, dan zakat fithrah. Sungguh menyedihkan keadaan kita ini.
Apakah yang akan kita katakan di hadapan Rasul kelak ketika kita meminta syafaat beliau saaw? Apa yang kita bawa untuk menyenangkan hati beliau saaw?
Aku hanya ingin mengingatkan diriku dan dirimu bahwa akhirat itu sangat-sangat realistis. Jika kita begitu semangat mengejar mimpi, mengapa kita kurang semangat mengejar kenyataan?

Tidak ada komentar:


Free chat widget @ ShoutMix
hit counter KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog-indonesia.com blog-indonesia.com http://iwanfalsmania.blogspot.com Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory