Sabtu, 06 September 2008

Semangka dan cara memilihnya






- Dingin, manis, dan luar biasa menyegarkan, tidak lagi ada yang lebih enak daripada makan sepotong buah segar nan berair pas panas-panasnya. Melon, semangka, blewah, semuanya sedang musimnya pas panas. Dari semua buah yang sedang musim ini, kayaknya semangka merupakan favorit setiap saat.

Masalahnya, kalo kita beli semangka, banyak sekali sisa karena ukurannya yang besar, apalagi kalo kita hidup di kos misalnya. Nah, selain cuman sekedar dipotong terus dikunyah, ada berbagai macam cara yang memungkinkan kita untuk menikmati segarnya buah ini tanpa harus takut kehilangan tempat di kulkas kita.

Granita Semangka: Hancurkan semangka secukupnya di mangkuk, dan simpan cairannya di tempat terpisah. Ukur kira-kira ada 3 mug cairan semangka. Peras 1 jeruk nipis, campurkan dengan semangka tadi, dinginkan selama 20 menit. Setelah dingin, tuang dalam loyang panggangan, dan bekukan dalam freezer. Setelah 30 menit, buang kristal-kristal es yang terbentuk di sisi dan sudut-sudut jus beku tadi. Tunggu sampai 30 menit, ulangi, sampai 2 1/2 jam. Sajikan.

Es pop Melon: Coba buat jus melon seperti di atas, tapi tambahi dengan satu cangkir penuh melon yang dipotong dadu. Bekukan dalam cetakan semalaman.

Liquado Semangka: Coba buat jus seperti di atas, tuang sampai setengah gelas tinggi, tambahkan air soda dan beberapa potong es, nikmati.

Cara memilih dan menyimpan semangkaCoba cari yang kulitnya paling sedikit cacatnya. Di bagian bawah semangka, ada semacam warna kuning, tempat di mana semangka tersebut bersentuhan dengan tanah. Pilih juga semangka yang berat jika dibanding dengan ukurannya yang kecil, karena semangka yang berat banyak mengandung jus.

Simpan semangka di suhu ruang, dan semangka akan dapat bertahan sampai seminggu. Jika lebih dari seminggu, simpan dalam kulkas. Untuk semangka yang sudah dibuka, bungkus rapat-rapat dengan cling wrap (kertas yang bisa menempel), dan simpan dalam kulkas.

Tips terakhir: cuci kulit semangka dengan air mengalir sebelum dipotong, lakukan hal ini kepada semua tipe melon, karena bakteri atau pestisida yang ada dapat segera berpindah ke daging buah pada saat kita memotongnya.

Selamat menikmati! (kpl/health//ar/kapan lagi.com)

Tidak ada komentar:


Free chat widget @ ShoutMix
hit counter KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog-indonesia.com blog-indonesia.com http://iwanfalsmania.blogspot.com Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory