Senin, 27 Oktober 2008

Rupiah Lewati Rp 11.000


Selasa, 28 Oktober 2008 |

JAKARTA, SELASA — Rupiah, Selasa (28/10) pagi, langsung melorot menembus level Rp 11.000 per dollar AS. Rupiah saat ini berada di posisi Rp 11.500 per dollar AS.

Salah satu faktor menurunnya rupiah, menurut Dealer Valas Bank Century, Frans Darwin Sinurat, seperti dikutip Kontan karena melemahnya mata uang negara lain terhadap dollar AS dan yen Jepang. "Kedua mata uang itu dianggap sebagai tempat paling aman (safe haven). Ini membuat mata uang negara lain tertekan," katanya.

Selain itu, penguatan ini tak lepas dari berakhirnya aksi carry trade. Investor yang dulu meminjam uang yen dan berinvestasi di ases-set negara kini berbalik melempas investasi mereka dan memburu yen untuk membayar utangnya. Ini juga membuat aksi jual rupiah di dalam negeri semakin besar," ujarnya.

Kemarin Bank Indonesia dikabarkan mengguyur pasar sekitar 100 juta dollar AS untuk menahan rupiah dari kemorosotan yang lebih dalam.


EDJ

Tidak ada komentar:


Free chat widget @ ShoutMix
hit counter KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog-indonesia.com blog-indonesia.com http://iwanfalsmania.blogspot.com Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory