Kamis, 06 November 2008

puspita dan khasiat macam2 tanaman

Buah puspita atau pepino dalam bahasa latinnya disebut solanum muricatum. Buah ini memiliki khasiat untuk pengobatan. Sebagian masyarakat mengenal buah ini untuk pengobatan para dewa, yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti darah tinggi, batu ginjal dan stroke.

Buah ini ditanam petani di daerah yang berhawa sejuk dan memiliki curah hujan yang tinggi, seperti di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat. Salah seorang petani yang menanam buah puspita ini adalah Mamad Sudarman, di Desa Geger Bentang, Ciloto, Cianjur, Jawa Barat.

Untuk mencapai lokasi kebunnya dari Jakarta dapat melelaui jalan tol Jagorawi, keluar di pintu tol Ciawi, lalu mengambil arah ke Puncak, dan dilanjutkan ke Ciloto, Cianjur, Jawa Barat.

Bibit pohon puspita yang ditanam Mamad di kebunnya ini didatangkan dari Saudi Arabia, meskipun aslinya berasal dari Filipina. Pohon puspita atau pepino ini ditanam dengan cara di-stek pohon yang sudah tua. dengan cara ini, pohon puspita akan berbuah setelah berumur 3 bulan.

Penanaman juga dapat dilakukan dengan menyemai biji, namun dengan cara ini pohon baru berbuah setelah berumur 7 bulan. Proses pemeliharaan pohon ini tidak terlalu sulit. Pemberian pupuk dilakukan secara teratur. Karena pohon ini menghasilkan buah untuk pengobatan, maka pemupukan diutamakan dengan menggunakan pupuk kandang.

Selain itu, pemeliharaan dilakukan dengan membersihkan daun yang sudah tua. Hama pohon ini adalah wereng. Bila hama menyerang maka, daun akan kering. Namun dengan pemeliharaan yang baik, hama tidak menjadi gangguan yang dapat mengakibatkan gagal panen. Daun yang rusak terkena hama harus segera disingkirkan.

Setiap pohon puspita dapat berbuah terus menerus selama 1 tahun, dengan jumlah buah yang dihasilkan antara 5 sampai 10 kilogram. Buah puspita yang telah matang berwarna kuning. jika dimakan rasanya seperti buah melon.

Sebelum dimakan buah puspita terlebih dahulu dibersihkan. Setelah itu dibelah menjadi potongan kecil. Sehingga bagian dalam buahnya terlihat kuning segar. Jika dikonsumsi secara teratur, buah puspita dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti darah tinggi, kencing manis, maag, batu ginjal dan stroke.

Buah ini dipasarkan ke berbagai supermarket di Kota Bogor, Bandung, dan Jakarta. Harganya berkisar 25 ribu hingga 60 ribu rupiah per kilogram. Dari lahan seluas empat ribu meter persegi ini setiap minggunya dapat dipanen 50 sampai 100 kilogram buah puspita.(Helmi Azahari/Ijs)

link trubus:

http://www.trubus-online.co.id



Atasi Kristal Pemicu Nyeri Sendi

Perkasa Karena Purwoceng

Daun Purba Penggempur Batu

Jamur Dewa Atasi Tumor


Sembuh Stroke Berkat Ling Zhi


Herba Pemecah Batu Ginjal


Kering Luka Caesar Karena Teripang


Daun Ungu Penyingkir Wasir
Demam Berdarah?
Dia Penyelamat Luka Bakar
Lidah Buaya Hilangkan Derita Radang Sendi
Karena Merah Berarti Khasiat
Agar Darah Mengalir Lancar
Bentengi dengan Serat
Teh Hitam Penyembuh Lever
Si Pahit Kaya Khasiat
Buah Lezat Berkhasiat Obat


Tidak ada komentar:


Free chat widget @ ShoutMix
hit counter KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog-indonesia.com blog-indonesia.com http://iwanfalsmania.blogspot.com Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory